nurmishbah lintau

Nurmishbah lahir di Sumanik Batu Sangkar pada tanggal 7 Mei 1983. Ketika berumur 6 bulan hijrah dengan orang tua yang bekerja sebagai guru SD disebuah kecamatan...

Selengkapnya
Navigasi Web
Paru-paru ibu Pertiwi diacak-acak

Paru-paru ibu Pertiwi diacak-acak

Siapa sih yg tidak akan marah jika ada orang yang menyakiti ibu pertiwinya termasuk juga saya pribadi. Begitu pun warga, mereka menolak aktivitas ilegal yang terjadi di wilayah kawasan hutan.

Penolakan warga dan beberapa tokoh ninik mamak di daerah tersebut dituangkan dalam aksi menanda tangani surat penolakan terkait adanya aktifitas penggundulan kawasan hutan yang berdampak bagi lingkungan areal pertanian warga setempat.

Aktifitas perambahan hutan tersebut yang tidak jelas maksud serta kegunaannya bagi warga masyarakat setempat. Namun yang pasti telah nampak kegundulan di lokasi hutan akibat terjadinya penebangan ratusan pohon kayu besar. Ironisnya aktifitas yang dilakukan oleh sekelompok oknum tersebut, terindikasi adanya pembiaran dari pihak pihak yang berwenang.

Beberapa kali tokoh warga setempat melayangkan surat kepada pihak yang berkompeten agar bisa menegur para pelaku perambah hutan untuk menghentikan aktifitas mereka namun protes yang dilayangkan warga tidak pernah digubris sama sekali.

Padahal kawasan tersebut adalah sumber kehidupan vital bagi warga setempat. Di lokasi ada mata air yang mengaliri sawah serta areal pertanian masyarakat setempat. Patut diduga aktifitas perambahan hutan itu sangat merugikan warga yang hidup dan bergantung dari kekayaan alam hutannya.

gelondongan kayu yang diduga berasal dari hutan

Sampai saat ini perambahan dan penggundulan kawasan hutan yang telah merusak ekosistim alam tersebut masih berlangsung dan terkesan adanya pembiaran dari pihak terkait. Untuk itu warga bersama tokoh Ninik Mamak setempat yang telah geram serta habis kesabaran akan melakukan aksi protes menuntut agar segera dihentikan aktifitas perambahan hutan tersebut oleh pihak yang berwenang.

Satgas Tanggap Darurat yang aktif bergerak di ranah lingkungan hidup membenarkan adanya aktifitas eksploitasi hutan tersebut

Dalam akun resmi mereka, Satgas Tanggap Darurat merilis tanggapan mereka terkait adanya aktifitas di hutan dengan mengatakan; Berdasarkan aduan masyarakat terkait kegiatan yang mengarah kepada kawasan hutan yang viral di media sosial beberapa waktu yang lalu, maka kami Satgas Tanggap Darurat berusaha mencari informasi tentang kegiatan tersebut.

Dan berdasarkan informasi yang kami dapat dilapangan dengan mendengarkan beberapa keterangan dari beberapa sumber kami, hingga saat ini belum kami temukan informasi kongkrit tentang tujuan maupun perizinan atas kegiatan tersebut.

Dan dimasyarakat pun sangat minimnya sosialisasi akan kegiatan tersebut.Karna kegiatan ini diduga akan berdampak terhadap lingkungan, yang terutama akan berdampak secara ekologi terhadap hutan itu sendiri, maka kami Satgas tanggap darurat mendesak pihak-pihak terkait yang terhimpun dalam kegiatan ini untuk sementara waktu menghentikan kegiatan tersebut dan agar terlebih dahulu mensosialisasikan hal-hal yang anggap perlu disampaikan kepada masyarakat agar terciptanya kepahaman yang menyeluruh mengenai kegiatan ini agar tidak menimbulkan rasa kecemasan ditengah masyarakat.

Mudah mudahan pemerintah setempat lebih berperan aktif dalam menjaga kestabilan ibu pertiwi.

Muaro Sijunjung

03/06/2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Waw keren,semangat terus,dan ttp berkarya,jangan lupa follow akun saya ya

03 Jun
Balas

Makasih pak,siiip

04 Jun



search

New Post